sieradMU.com Semarang – Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi LLHPB Pimpinan Daerah Aisyiyah se Jawa Tengah dalam rangka mempersiapkan Peringatan Hari Menanam Pohon Nasional 2020, Kamis (26/11/2020)

Koordinasi yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi teleconference ZOOM ini dihadiri sebanyak 53 orang peserta, yang terdiri dari Pimpinan PWA, Pengurus LLHPB PWA, serta Perwakilan Anggota LLHPB PDA se Jawa Tengah.

Hari Menanam Pohon Indonesia atau sering disebut sebagai HMPI diperingati setiap tanggal 28 November. Peringatan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 24 Tahun 2008. Di dalam amanah Presiden pada saat itu, masyarakat diminta menanam minimal 1 pohon per orang, atau dikenal dengan istilah One Man One Tree.

“Koordinasi ini kita selenggarakan dengan harapan nanti Ibu-Ibu kalau ada yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan, karena nanti harapannya langsung dijalankan. Sehingga nanti pada tanggal 28 November 2020 secara serentak se Jawa Tengah bisa meramaikan di media sosial dengan adanya Hari Menanam Pohon, dan pada bulan Desember melaksanakan aksi menanam pohon.” Ungkap Wakil Ketua LLHPB PWA Jawa Tengah, Muamaroh dalam sambutan pengantarnya.

Menurutnya, bahwa kegiatan menanam pohon juga dipersiapkan agar bisa terdokumentasikan dengan baik, sehingga bisa berkontribusi sebagai pembelajaran praktik baik kegiatan LLHPB Aisyiyah Daerah se Jawa Tengah.

Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah, Ummul Baroroh, yang emmbuka pertemuan tersebut mengungkapkan di dalam agama Islam, merawat pohon dan merawat lingkungan adalah merupakan kewajiban,

“Karena meskipun kita akan mati besok, itu kita masih disunnahkan untuk menanam pohon. Karena apa? Karena nanti kita akan mewariskan itu kepada anak cucu kita atau orang lain yang akan mengambil manfaatnya. Wamayya’mal mitsqaala dzarratin khairayyarah. Sebesar apapun kebaikan yang kita lakukan nanti akan mendapatkan balasan dari Allah di akhirat”,ungkapnya.

Diejlaskan, menanam pohon merupakan amal jariyah karena banyak sekali manfaat yang akan mengalir,  Selain kita menyumbang oksigen di siang hari karena polusi yang luar biasa sekarang ini, juga menahan air di dalam tanah, sehingga ketika hujan deras akar-akar pohon akan bisa menahan air sehingga dapat mencegah longsor, dan juga menyimpan air ketika kemarau kita tidak akan kehabisan air.

Sementara itu, Ketua Divisi Lingkungan Hidup LLHPB, Deny Ana I’tikafia,  dalam gerakan penghijauan ini  LLHPB PDA se Jawa Tengah diharapkan bisa ikut berpartisipasi  dengan mengajak kerjasama Majelis, Lembaga, dan Ortom di tingkat Pimpinan Daerah masing-masing, serta berkoordinasi dengan Dinas terkait setempat.

“Kegiatan ini sudah sesuai dengan hasil  Rakernas LLHPB, sedangkan program unggulan LLHPB Jawa Tengah pada hari besar lingkungan hidup yaitu program menanam pohon”, tegasnya. (Nur/Intan)

 

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona