sieradMU.com Klaten Utara РAroma kegiatan memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia mulai terasa di Klaten, Kamis (13/8/2020) pagi digelar upacara robotic  karya anak bangsa.

Seperti halnya upacara yang dilaksanakan  di Istana  Negara, dalam upacara tersebut ada robot yang berperan sebagai pembina, Inspektur,  pemimpin kompi dan tiang bendera yang otomatis . Sejumlah robot dikendalikan siswa autobot school Klaten.

Direktur Autobot School Klaten, kegiatan ini berawal dari banyaknya anak anak yang berada dirumah saat pandemic covid-19, sehingga mereka kurang kegiatan,  memanfaatkan momen HUT RI ke-75 kami meminta anak anak membuat robot untuk petugas upacara robotic.

“Ide awal upacara yang diikuti robot ini bermula dari munculnya pandemi Covid-19 dan momentum HUT ke-75 RI. Meski pandemi Covid-19, anak-anak tetap berkreativitas menyambut hari Kemerdekaan RI. Bentuknya membuat robot yang bisa melakukan gerakan hormat [termasuk gerakan lain yang menunjang pelaksanaan upacara]. Saya menantang anak-anak melakukan hal itu,” kata Direktur LKP Autobot School Klaten, Agur Yake Mulia.

Seperti diketahui, Autobot School ini merupakan Sekolah Robotik pertama di Jetak Kidul, Desa Karanganom, kecamatan Klaten  Utara, Keberadaannya  di bawah naungan Yayasan Pendidikan Teknologi Indonesia dan memiliki izin resmi serta dukungan dari Dinas Pendidikan sejak 2018.

Sementara itu Muhammad Eko Pujianto ketika ditanya mengaku sangat senang dengan upacara robotic ini, apalagi karyanya bias ikut hadir dalam momentum kemerdekaan Republik Indonesia ke-57.

‚ÄúTadi saya mengendalikan robot dalam uopacara pada saat pengibaran bendera, agak sulit, membutuhkan waktu 2 hari untuk latihan, pembuatan robotnya sekitar 3 hari‚ÄĚ,ucap Eko.

Kontributor : SN – Editor : Nur Muhammad