Sieradmu.com Klaten – Universitas Widya Dharma Klaten ikut ambil bagian dalam upaya pelestarian lingkungan dengan melibatkan para mahasiswa baru. Sebanyak 500 bibit pohon keras dan buah ditanam di Desa Jurang Jero , Kecamatan Karanganom Klaten, Rabu (21/9/2022)

Gerakan penghijauan tersebut dilakukan oleh Rektor Universitas Widya Dharma Klaten, Profesor Triyono secara simbolis, dilanjutkan Wakil Rektor, Komunitas pecinta lingkungan , Kepala Desa dan para mahasiswa baru yang akan menempuh jengkang pendidikan tinggi di Unwidha Klaten.

ÔÇťMelalui kegiatan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PKKMB) kita ajak mereka peduli terhadap kelestarian lingkungan “, kata Rektor Unwidha Klaten, Prof Triyono usai melakukan tanam simbolis

Menurutnya  Pohon mempunyai fungsi yang sangat penting dalam upaya meredam kenaikan gas rumah kaca penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim. Seperti spons/busa, pohon menyerap karbondioksida yang dihasilkan oleh kegiatan-kegiatan yang dilakukan manusia dan makhluk hidup lainnya.

“Kegiatan menanam pohon sangat berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam pohon dan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sehingga dapat menurunkan pemanasan global”, ucapnya

Lebih lanjut dijelaskan selain sebagai upaya pelestarian lingkungan , Kegiatan ini sekaligus untuk menguatkan program pengabdian. Masyarakat di Unwidha Klaten.

“Program pengabdian masyarakat sebagai upaya mengedukasi para mahasiswa agar memiliki karakter yang baik bagi masyarakat sekitar, disinilah para mahasiswa baru kita perkenalkan hal tersebut.”,jelasnya .

Kepala Desa Jurangjero, Ali Murtono  berterima kasih atas pemberian bantuan berupa bibit tanaman penghijauan dari Kampus Unwidha Klaten.

ÔÇťPelestarian lingkungan memang harus dilaksanakan secara sinergi, Semoga ke depan tanaman ini bisa tumbuh dan berkembang makin banyak sehingga lahan kita menjadi lebih subur dan udara kita menjadi lebih bersihÔÇŁ,ucapnya.

Deashinta salah satu mahasiswa baru di kampus tersebut mengaku senang mengikuti kegiatan tanam pohon ini .Menurutnya ini bagian dari upaya mencintai alam dengan me jaga kelestarian nya .

Seperti diketahui dalam program penanaman pohon ini, Unwidha Klaten menyalurkan bantuan bibit dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa tengah sebanyak 1800 bibit. Alokasi Untuk Desa Jurang Jero sebanyak 500 bibit . (Nur)

SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten