sieradMU.com Cawas – Hujan deras  dengan intensitas tinggi di perbukitan seribu, Kabupaten Gunung Kidul  mengakibatkan tanggul sungai gamping daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo di Desa Burikan Kecamatan Cawas Klaten, Selasa (2/2/2021)sore. Akibatnya  tigapuluhan hektar tanaman padi berpotensi mengalami gagal panen.

Informasi yang dihimpun, karena hujan  deras diperbkatan seribu gunung kidul mengakibatkan terjadinya kebocoran di sela sambungan bendung bronjong, hal ini menjadikan tanggul terkikis   dan jebol.

Kepala Desa Burikan, Kecamatan Cawas, Suroto membenarkan kejadian tersebut. Tanggul jebol sungai gamping sepanjang 6 meter dan lebar 3 meter tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

“Benar tadi telah terjadi tanggul jebol di sungai gamping, jebolnya tanggul ditempat yang dahulu juga pernah jebol. Tetapi ini lebih panjang”,kata Suroto.

Akibat tangul jebol tersebut menurut Kades, air menggenangi area persawahan yang sedang ditanami padi seluar hampir 30 hektar.

“Kalau dilihat usianya rata rata tanaman padi itu sudah berusia 2,5 bulan, yang kemungkinan besar bias menyebabkan gagal panen”,ucap Kades

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona