sieradmu.com Tulung – Pimpinan Daerah Aisyiyah Klaten menambah jumlah lembaga kesejahteraan sosial anak LKSA Aisyiyah, Bunda Umi Chaltsum┬á yang dirintis oleh Cabang Tulung , Klaten, Jawa Tengah .

Hari ini (29/5/2022), Gedung yang menempati tanah wakaf  salah satu keluarga tokoh Muhammadiyah di Kecamatan Tulung dengan luas 225 meter persegi  ini diresmikan Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiah, Musyfirotun Yusuf , ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tulung , Ir. H.Nasikun Al Kuntjoro mengatakan, pembangunan gedung LKSA Aisyiyah Bunda Umi Chaltsum  yang berada di Desa Tulung ini dilaksanakan dalam waktu 1,5 tahun dengan anggaran 849 juta lebih.

“Pembangunan gedung LKSA Aisyiya Bunda Umi Chaltsum ini dilakukan secara mandiri mengandalkan bantuan dari masyarakat “,katanya.

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tulung menurutnya mendukung gerakan dakwah Aisyiah cabang setempat dalam mberikan pengasuhan kepada anak yatim, piatu dan yang kurang mampu.

Siti Fatimah Kuntjoro yang merupakan Pimpinan Aisyiyah juga dari keluarga pewakaf mengatakan, sebelumnya Aisyiyah Cabang Tulung telah memberikan pengasuhan dan santunan rutin terhadap 110 anak.  Dengan adanya gedung LKSA Aisyiyah Bunda Umi Chaltsum ini tentu akan lebih optimal dalam melanjutkan program pengasuhan anak yatim piatu di cabang Tulung. Selain pemberian santunan nantinya di gedung ini juga bisa digunakan untuk pembelajaran keagamaan, pelatihan ketrampilan dan lainnya.

“Nanti santunan anak asuh bisa diberikan setiap bulan dan harapannya kita dapat mengelola dengan tujuan seperti harapan Aisyiyah yang konsisten dengan pengasuhan anak yatim piatu”, ucapnya.

Sementara itu Wakil Ketua, Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah, Musyfirothun Yusuf , mengapresiasi perintisan LKSA Aisyiyah di tingkat cabang. Keberadaan LKSA Aisyiah ini tentu akan menguatkan gerakan sosial Aisyiyah di Jawa Tengah pada umumnya dan di Klaten pada khususnya.

“Saat ini hampir di 35 kabupaten atau kota di wilayah Jawa Tengah telah memiliki LKSA Aisyiyah, lahirnya LKSA Aisyiyah baru di PDA Klaten juga sebagai kado milad Aisyiah ke-105 pada tahun ini”, pungkasnya. (Nur)

SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten