sieradmu.com Jogonalan – Penguatan program ketahanan pangan menjadi prioritas di pemerintah desa (pemdes) Plawikan, kecamatan Jogonalan Klaten, Jawa Tengah. Dengan memanfaatkan dana desa, pemdes memberikan bantuan permodalan yang dikemas melalui lomba ketahanan pangan.

Program ketahanan pangan mellaui pemberdayaan masyarakat diberikanĀ  dalam bentuk bantuan aneka jenis sayuran dan bantuan ternak. Titik berat bantuan utuk Ketahanan pangan ini menyasar 29 RT di Desa Plawikan.

Hari ini proses penilaian awal lomba ketahanan pangan dimulai, Kepala Desa memimpin rombongan tim juri di RT 02, RWI, Dukuh Karangasem, dilanjutkan di RT 02 RW 4 dukuh Minggiran utara.

Kepala Desa Plawikan, Lilik Ratnawati mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Program Ketahanan Pangan dari Kemendes PDTT Tahun 2022 yang menyasar pada 4 pilar yakni, ketersediaan pangan, keterjangkauan Pangan, pemanfaatan pangan serta stabilitas tersedianya pangan.

“Lomba ini jug sebagai bentuk edukasi kepada Ā warga tentang pentingnya ketahanan pangan, menjaga kegotongroyongan warga dalam mempertahankan ketahanan pangan dalam kelompok RT serta meningkatkan kepedulian sesama warga untuk ketersediaan dan keberagaman sumber pangan baik nabati (khususnya aneka sayuran) dan protein hewani serta pemanfaatannya”,katanya, Sabtu (13/3/2022).

Lebih lanjut dijelaskan, dalam pelaksanaan program ketahanan pangan melalui lomba ini ada tida aspek penting yang menjadi penilaian yakni lokasi ketahanan pangan yang disediakan, semangat kegotong royongan dan pemberdayaan masyarakat di RT yang mengikuti lomba.

“Harapannya dengan penguatan program ketahanan pangan ini kegotong royongan warga terus terawat, masyarakat bisa terbantu dan mendapatkan solusi untuk mandiri dalam penguatan ketahanan pangan dalam rumah tangga masing masing”,jelasnya.

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona