sieradMU.com Kota – Kebutuhan oksigen yang terus meningkat dimasa PPKM darurat membuat sejumlah rumah sakit rujukan covid-19 mengalami krisis oksigen. Di Rumah Sakit Cakra Husada Klaten, stok oksigen hanya tersisa untuk lima hari kedepan.

Berbagai cara dilakukan oleh pihak rumah sakit untuk menjaga stok oksigen agar terus aman setiap harinya, kondisi ini juga pernah dialami menjelang pemberlakuan PPKM Darurat.

“Oksigen yang berada di RSCH Klaten saat ini keadaannya masih aman hingga empat sampai lima hari kedepan, namun dua pekan kemarin kita juga sempat mengalami krisis oksigen yang hanya cukup dua jam saja.” Kata Petugas di RS Cakra Husada Klaten, Edy Wiratmae, Jum’at (9/7/2021).

Dijelaskan, bahwa kelangkaan oksigen dalam beberapa hari terakhir menurutnya karena meningkatnya penggunaan oksigen itu sendiri meningkat. Tata ulang penggunaan oksigen menjadi langkah strategis untuk mengatur penggnaan oksigen di rumah sakit.

“Sebagai antisipasi krisis oksigen kita tata ulang, seperti pelaksanaan operasi yang telah terjadwal dan pelaksanannya bisa ditunda, prioritas untuk kebutuhan terpenting dari penggunaan oksigen”,jelasnya.

Tidak hanya itu Rumah Sakit Cakra Husada kini juga terus bersinergi membantu pemerintah dalam penanganan covid-19.  Salah satunya dengan peningkatan layanan cepat, quick swab rapid test antigen covid-19. Prosesnya sangat cepat dan hasil bisa dikirim melalui whatshaap.

“Kami membuka layanan ini secara online melalui layanan whatshaap atau google form, pembayaran bisa via transfer sebesar Rp.185.000, atau datang langsung ke rumah sakit cakra husada Klaten”,ujar Edi. (Nur)