Sieradmu.com Klaten Utara ‚Äď Pondok Pesantren Muhammadiyah (Muhammadiyah Boarding School) MBS Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mewisuda¬† 74 santri¬† berlangsung di Kampus I Ponpes setempat, Kamis (31/3/2022).¬† Direktur MBS menyatakan jika amal usaha muhammadiyah dibidang pendidikan ini sudah membuka jaringan untuk para lulusan bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Berdasarkan informasi yang dihimpun sieradmu.com, Dari  74 peserta   Haflatul Wada’  Santri Akhir Tahun terdiri dari 35 wisudawan dan 39 wisudawati, dan yang hafal hingga 30 juzz tercatat 16 santri terdiri 10 putra dan 6 putri.

Prosesi wisudsa juga dihadiri Komite Ponpes MBS, Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten dan perwakilan wali wisudawan.

Direktur MBS Klaten, Muhammad Fakhrudin Sasmita  dalam sambutannya mengatakan, jika ponpes telah berupaya memberikan pelayanan pembinaan, pengasuhan dan pendidikan para santri dengan baik. Harapannya kedepan kepandaian yang dimiliki haruslah bisa mengungguli para asatid.

‚ÄúKami berkomitmen para lulusan ini setelah digembleng di ponpes bisa memiliki jaminan penguatan dibidang akhlaq, ibadah karakter dan lainnya‚ÄĚ,katanya.

Tidak hanya itu MBS Klaten menurutnya saat ini juga tengah membukakan jalan bagi para lulusan untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi hingga ke luar negeri.

‚ÄúSaat ini kami sudah terkoneksi dengan beberapa tempat pendidikan di luar negeri, disana banyak hal yang bisa dipel;ajari, banyak ulama yang dapat emmberikan ilmu, dengan demikian para lulusan MBS bisa jadi jalan untuk melahirkan para fuqaha dimasa yang akan datang‚ÄĚ,ucapnya.

Fakhrudin mengungkapkan beebrapa tempat pendidikan yang sudah bisa terkoneksi dengan MBS yakni di Sudan , kita terus berupaya  membuka jaringan agar para alumni MBS bisa memuntut ilmu hingga Timur Tengah.

Sementara itu, Safa salah satu wisudawati MBS Klaten mengaku bersyukur telah menyelesaikan pendidikan di MBS Klaten.

“Banyak kesan yang kita dapatkan bersama para pengajar dan banyak pengalaman yang kami dapatkan selama 6 tahun di MBS ini, Harapannya kedepan MBS bisa lebih banyak melahirkan generasi yang memiliki akhlaq mulia, memiliki karakter dan kepandaian yang dapat berguna bagi masyarakat”,ujarnya. (nur)