Sieradmu.com Klaten – Selama bulan suci Ramadhan 2024 Masjid Mlinjon , yang berada dikawasan Kota Klaten, Jawa Tengah, kembali menggelar Kampoeng Ramadan. Di tempat ini pengnjung dapat memilih aneka menu buka puasa mulai dari masakan tradisional hingga makanan atau minuman kekinian.

Kampoeng Ramadhan Masjid Mlinjon telah dilaksanakan puluhan tahun, beberapa kali sempat ditiadakan karena pandemi dan kini kemeriahan kampung Ramadhan Masjid Mlinjon kembali terasa. Sejumlah makanan yang sedang viral dikalangan anak muda tersedia sperti Ghoyong dan makanan wonton pedas, untuk minuman yang banyak diburu pengunjung saat ini adalah es fruty jelly ball, es teler .

Pada penyelenggaraan Kampung Ramadhan tahun ini terdapat sekitar 250 UMKM yang berjajar disepanjang jalan Bhayangkara dan Melati sekitar Masjid Mlinjon.

“Untuk jumlah lapak datau UMKM yang mendaftar di kampung Ramadhan tahun ini mengalami peningkatan disbanding tahun kemarin”,kata Ketua Takmir Masjid Mlinjon, Isnan Budi Satriyo.

Dijelaskan, Selain dalam rangka syiar diselenggarakannya Kampung Ramadhan ini juga untuk mensejahterakan para pedagang kecil serta mempermudah masyarakat mendapatkan menu buka puasa yang variatif.

Rachmawati salah satu pengunjung asal Klaten Utara baru kali pertama mengunjungi kampung Ramadhan di Masjid Mlinjon untuk tahun ini.

“Tadi sempat berjalan melihat beberapa stand, semakin banyak pedagang kecil yang meramaikan acara ini dan menunya juga semakin komplit”,ucapnya.

Ditanya menu Favorit, Rachma mengaku sedang berburu Gohyong, merupakan makanan khas yang merupakan hasil perpaduan budaya China dan Betawi. Gohyong terbuat dari campuran daging ayam, udang, dan telur yang dicincang halus, kemudian dibungkus dengan kulit lumpia hingga berbentuk seperti lontong atau rollade. (Nur)