Kurikulum 2013 merupakan kurikulum operasional yang dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Sehingga, penerapan kurikulum 2013 yang merupakan perubahan dari kurikulum berbasis kompetensi dan tingkat satuan pendidikan guru program selaku pelaksana. Apalagi didalam kurikulum 2013 tujuan pembelajaran IPA di sekolah dasar adalah untuk menuntut siswa agar mampu melakukan dan menemukan sesuatu yang menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran dengan  menggunakan pendekatan ilmiah. Jadi, pembelajaran IPA pada kurikulum 2013 itu sangat menekankan pada aspek keterampilan proses. Baik proses dasar maupun proses keterampilan terpadu.

Lalu, mengapa pembelajaran IPA sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas mutu pendidikan pada kurikulum 2013??? Karena pembelajaran IPA memiliki tujuan untuk menjadikan peserta didik dapat berpikir ilmiah, nalar dan kritis. Selain itu, pembelajaran IPA juga dapat dikatakan sebagai sebuah teknologi sains yang saling berkaitan. Karena, pembelajaran IPA di SD itu sangat menekankan pada pemberian langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara inkuiri ilmiah, dimana dapat untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap dalam kecakapan hidup serta dapat mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep pembelajaran IPA guna meningkatkan kesadaran tentang tata cara memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan. Yang dapat dikembangkan dengan pendekatan saintifik (mengamati, mengukur, menanya, bereksperimen, dan mengomunikasikan).

Hal tersebut dikarenakan pada pembelajaran IPA dengan metode pendekatan saintifik sebagai salah satu penunjang dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk membekali siswa agar dapat mengembangkan rasa pengetahuan, meningkatkan keterampilan, serta kesadaran untuk menghargai alam sekitar yang dapat di jadikan sebagai dasar untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi nantinya. Sehingga, hal ini dapat menjadi substansi yang penting bagi pola pikir peserta didik agar mampu melakukan dan menemukan sesuatu yang menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran IPA. Oleh karena itu, Pembelajaran IPA dalam Kurikulum 2013 dapat membantu peserta didik menjadi lebih aktif, dan mandiri dalam proses pembelajaran dan juga dalam kehidupan.

Ditulis oleh:
Titis Reniati,
PGSD
Universitas Muhammadiyah Purworejo