Kita sebagai manusia tidak terlepas dengan yang namanyainteraksi. Interaksi dapat terjadi oleh siapaun kapanpun dan dimanapun. Tahukah kalian apa itu ekologi? Ekologi adalahilmu yang mempelajari mengenai timbal balik antara mahlukhidup dengan mahluk lainnya serta dengan lingkungansekitarnya. Maka dari itu, ekologi sangat erat kaitannya denganekosistem. Menurut KBBI, istilah ekologi ekosistem inidiartikan sebagai sebuah hubungan timbal balik yang terjadiantara lingkungan biotik dan abiotik.

Menurut Bero Santoso, selaku wali kelas V SDN Rowodadidalam penerapan materi ekologi di kehidupan sehari harikhususnya dalam penanaman karater di lingkungan sekolahmasih sangat kurang. Hal ini dikarenakan masih kurangnyakesadaran yang dimiliki oleh peserta didik dalam kebersihan. Seperti yang diketahui bahwa SDN Rowodadi terletak di kecamatan butuh, dimana di kecamatan tersebut merupakansalah satu tempat yang menjadi langganan banjir pada saatmusim penghujan tiba. Seperti baru-baru ini, SDN Rowodadimenjadi salah satu sekolah terdampak banjir yang diakibatkanoleh hujan yang terus menerus melanda area purworejo. Akibatadanya hal ini, lingkungan sekolah tergenang air banjir bahkantidak hanya itu, air juga masuk sampai ke dalam ruang kelas. Dengan adanya hal ini, maka pihak sekolah meminta untuk para warga sekolah bersama-sama membersihkan air yang masuk kedalam raung kelas, namun tampaknya hal ini tidak direspon baikoleh semua warga sekolah, hal ini dikarenakan masih terdapatbeberapa siswa yang enggan untuk membantu membersihkanruang kelas yang tergenang oleh air.

Selain itu, dalam pelaksanaan proses pembelajaran gurumenyampaikan materi menggunakan metode ceramah. Dimana pembelajaran dengan metode ceramah ini ini juga berpengaruhterhadap hasil belajar peserta didik, karena penyampaian materidengan metode ceramah di rasa sangat monoton dan kurangefektif. Sehingga dalam hal ini, menimbulkan penurunan hasildan minat belajar peserta didik. Keterbatasan bahan ajar yang dimiliki sekolah tersebut juga menjadi salah satu kendala yang dialami guru dalam penyampaian materi tidak hanya materiekologi saja tetapi juga dengan pembelajaran yang lainnya.

Beberapa kendala yang dimiliki sekolah tersebut, sepertiketerbatasan bahan ajar sebagai penunjang kegiatanpembelajaran tentunnya juga akan berpengaruh terhadappelaksanaan pembelajaran. Dalam mensiasati hal tersebut, makaguru menyesuikan dengan situasi dan kondisi di lingkungansekolah yaitu dengan mengajak siswa untuk belajar diluar kelas. Kegiatan belajar diluar kelas selain juga berpengaruh terhadapmotivasi belajar siswa. Siswa tampak lebih senang dan antusiasapabila kegiatan pembelajaran dilakukan diluar kelas.

Berdasarkan pemaparan yang disampaikan oleh wali kelasV mengenai respon siswa pada saat pelaksanaan pembelajaranpada tema ekologi yaitu peserta didik sangat senang dan antusiasapabila belajar diluar kelas, selain itu mereka juga sangat senangapabila belajar dengan berbantuan multimedia interaktif sepertimenggunakan animasi bergambar dan bergerak. Namun lagi-lagiyang menjadi kendala dalam hal ini yaitu minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. Selain itu, kendala yang lainnya juga berasal dari gurunya sendiri. Keterbatasan guru dalam penggunaan IT serta usia menjadi salah satu faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran. Harapan dariguru terkait kendala tersebut yaitu bahwa dirinya berusaha untukbelajar tentang penggunaan IT.

Bahan ajar yang masih digunakan guru dalammenyampaikan materi ekolgi di sekolah tersebut antara lainberupa: buku lks, buku paket tematik, dan lingkungan sekitar.Bahan ajar yang digunakan di sekolah tersebut tergolong sangat monoton apabila dilihat dari perkembangan teknologi saat ini. Sepert yang sudah dipaparkan oleh Bero Santoso, selaku walikelas V bahwa anak-anak sangat antusias dan merasa senangapabila mereka belajar menggunakan video atau animasibergambar lainnya

Keterkaitan ekologi dalam kehidupan sehari-hari sangatlahpenting, melalui ekologi siswa dapat mengetahuikeanekaragaman hayati dan mengenal perilaku makhluk hidup, siswa dapat mengetahui perannya sebagai manusia di dalamlingkungannya  selain itu ekologi adalah ilmu yang berkaitandengan ekosistem dan makhluk hidup di dalamnya. Cabang ilmubiologi ini mempunyai dampak pada kehidupan manusia. Oleh karena itu siswa berperan penting dalam mempelajari ekologiuntuk menambah wawasan dan menimbulkan rasa ingi tahubagaimana cara merawat lingkungan yang ada di sekitarnyaserta interaksi makhluk hidup baik abiotik maupun biotiklingkungan. Guru senantiasa mengajarkan bagaimana menjalinhibungan yang harmonis dengan lingkungan  karena lingkungansangat berperan penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Kesimpulan :

Kita sebagai manusia tidak terlepas dangan yang namanyainteraksi. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari mengenaitimbal balik antara makhluk hidup dengan makhluk lainnyayang ada di sekitar. Menurut Bero Santoso selaku wali kelas V SDN Rowodadi dalam penerapan materi ekologi di kehidupansehari-hari khusunya dalam penanaman karakter di lingkungansekolah masih sangat kurang. Hal ini dikarenakan masihkurangnya kesadaran yang dimiliki oleh peserta didik dalamkebersihan, guru menyampaikan materi hanya menggunakanmetode ceramah dikarenakan keterbatasan bahan ajar yang dimiliki sekolah tersebut menjadi salah satu kendala yang dialami guru dalam menyampaikan materi ekologi. Untukmensiasati hal tersebut guru menyesuikan dengan situasi dan kondisi di lingkungan sekolah yaitu dengan mengajak siswauntuk belajar di luar kelas, yang berdampak bertambahnyamotivasi belajar siswa dan siswa lebih antusias ketika kegiatanpembelajaran di luar kelas. Selain pembelajaran di luar kelassiswa juga merasa senang ketika pembelajaran di dalam kelasmenggunakan media video.

Penulis:

1. Ananda Suci K
2. Arna Lestyana
3. Ika Afifatus
4. Indah Kusumawati
5. Nuriyatul Fadillah
6. Qomairoh Dinda Eva Z