Mahasiswa
kelompok Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan Reguler Periode 119 unit IV.C.2 yang bertempat di ruangan pedukuhan Dusun Bandaran, Donokerto, Turi, Sleman melakukan pendampingan kegiatan posyandu balitadalam rangka pencegahan polio dengan Puskesmas Turimelakukan kegiatan imunisasi.

Menjelang pergantian tahun beberapa waktu yang lalu, media cukup ramai memberitakan kejadian luar biasa (KLB) polio di Klaten. Ada seorang anak berusia 6 tahun, tepatnya di Manisrenggo, Klaten yang berbatasan dengan Sleman, Yogyakarta didiagnosa menderita polio.

Dalam rangka pencegahan polio di Kabupaten Sleman, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kesehatanmelakukan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-PIN) TetesPolio bagi anak usia 0 hingga 7 tahun.

Kemudian Mahasiswa KKN UAD mengikuti pendampinganbersama puskemas turi pada kegiatan posyandu balita, acaratersebut dilaksanakan sesuai arahan dari KementerianKesehatan terhadap wilayah kabupaten sleman harusmelaksanakan vaksin polio untuk menanggapi kejadian luarbiasa (klb) dalam upaya pencegahan polio.

Selama megikuti Posyandu, para mahasiswa terlibat dalamberbagai kegiatan pelayanan, seperti pengukuran berat badandan tinggi badan balita, pemberian pmt serta pendampinganimunisasi polio, Selain itu juga kegiatan para mahasiswaUAD juga membantu dalam pendataan dan pengelolaanadministrasi Posyandu, kegiatan ini diikuti oleh dari 30 balitayang ada di padukuhan bandaran.

“Kita terus harus perhatikan perkembangan penyakit polio ini.Mau tidak mau, semua harus siaga dan memastikan imunisasilanjutan ini dilakukan merata ke seluruh anak-anak di wilayahkabupaten Sleman. Agar kebal dan penyakit ini tidakmenularkan ke orang lain dan juga saya berterimakasihkepada teman-teman mahasiswa KKN UAD telah membantuupaya pemerintah dalam pencegahan polio yang ada dislemanmaupun di yogyakartaujar titi perawat puskesmas turi

Kegiatan posyandu balita ini menjadi langkah preventif dalampencegahan penyebaran polio agar tidak masuk ke KabupatenSleman. Dikarenakan penemuan terhadap penyebaran polio sudah masuk di beberapa daerah di Jawa Tengah, KabupatenSleman harus melakukan langkah pencegahan dini salahsatunya melalui tetes polio ini. tambahnya.