Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode 119 Unit XX.A.2 mengadakan pelatihan pembuatan makanan sehat berbahan lokal bagi balita dan lansia kepada warga Padukuhan Jeringan, Kebon Harjo, Samigaluh, Kulon Progo. Acara pelatihan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 9 Februari 2024. Tujuan kegiatan ini ialah upaya untuk pencegahan stunting dan perbaikan gizi bagi lansia, serta pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya mengonsumsi makanan sehat, terutama dari bahan-bahan lokal yang mudah didapat.

Pelatihan ini dihadiri oleh peserta posyandu yang terdiri dari balita dan orang tuanya serta para lansia. Materi yang disampaikan saat pelatihan antara lain, manfaat dari ikan kembung dan bagaimana cara pengolahan ikan kembung menjadi menu sehat. Dalam pelatihan pengolahan nugget ikan kembung dan bayam yang diperuntukkan bagi balita serta pepes ikan kembung untuk lansia. Kegiatan ini dikemas dalam acara demo masak yang langsung dipraktikkan oleh Honesty Fadillah selaku anggota unit KKN UAD XX.A.2 dari jurusan Bisnis Jasa Makanan.

“Alasan saya memilih ikan kembung sebagai bahan utama dalam acara demo masak ini karena memiliki kandungan gizi yang tinggi terutama protein dan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak dan kesehatan lansia”, ungkap Honesty Fadillah.

Respons dan antusiasme masyarakat terhadap acara ini sangat positif. “Saya tidak menyangka ternyata ikan kembung banyak manfaatnya dan bisa diolah menjadi nugget yang mana itu adalah lauk kesukaan anak saya” ujar ibu Nanik.

Melalui pelatihan ini, diharapkan masyarakat bisa lebih sadar untuk mengonsumsi makanan sehat dan terlatih dalam pengolahan menu yang variatif, terutama yang berasal dari bahan lokal seperti ikan kembung. Maka dari itu, kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi angka stunting dikalangan anak-anak dan peningkatan kesehatan bagi lansia